BUKAN KARENA HASIL USAHAMU

BUKAN KARENA HASIL USAHAMU



“Allah mengasihi kalian, itu sebabnya Ia menyelamatkan kalian karena kalian percaya kepada Yesus. Keselamatan kalian itu bukanlah hasil usahamu sendiri. Itu adalah anugerah Allah. Jadi, tidak ada seorang pun yang dapat menyombongkan dirinya mengenai hal itu.”

Efesus 2:9

(Terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari)



           Manusia tidak dapat diselamatkan Allah oleh usahanya sendiri, perbuatan amal atau karena usaha yang sungguh-sungguh untuk menaati perintah Allah. Seorang hanya diselamatkan oleh kasih karunia Allah. Sebab-sebabnya adalah sebagai berikut : 

1. Semua orang yang tidak selamat merupakan orang yang masih mati secara rohani (Efesus 2:1), berada di bawah kuasa Iblis (Efesus 2:2), diperbudak dosa (Efesus 2:3), dan di bawah murka Allah (Efesus 2:3). 

2. Agar selamat seseorang harus menerima keselamatan yang disediakan oleh Allah (Efesus 2:4-5), diampuni dosa (Roma 4:7,8), dihidupkan secara rohani (Kolose 1:13), dibebaskan dari kuasa Iblis dan dosa (Kolose 1:13), dijadikan ciptaan baru (Efesus 2:10; 2Korintus 5:17), dan menerima Roh Kudus (Yohanes 7:37-39; 20:22). Tidak ada usaha sendiri yang dapat mengerjakan hal-hal tersebut di atas. 

3. Yang mendatangkan keselamatan adalah kasih karunia Allah oleh iman (Efesus 2:5,8). Pemberian kasih karunia Allah ini meliputi hal-hal berikut: 

a. Datangnya panggilan untuk bertobat dan beriman (Kisah Para Rasul 2:38). Bersamaan dengan datangnya panggilan ini mulailah Roh Kudus bekerja di dalam diri setiap orang, memberikan kepadanya kuasa dan kemampuan untuk menanggapi panggilan Allah. 

b. Mereka yang menanggapi panggilan dengan iman, pertobatan dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya akan menerima kasih karunia tambahan, yaitu diperbaharui atau dilahirkan kembali oleh Roh Kudus dan dipenuhi dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:8; 2:38; Efesus 5:18).

c. Mereka yang menjadi ciptaan baru di dalam Kristus menerima kasih karunia terus-menerus untuk menjalani hidup Kristen, menolak dosa dan melayani Allah (Roma 8:13-14; 2Korintus 9:8). Orang percaya berjuang untuk hidup bagi Allah oleh karena kasih karunia-Nya yang bekerja di dalam hidup mereka (1Korintus 15:10). Kasih karunia Allah bekerja di dalam orang percaya yang sungguh-sungguh membuat mereka rela dan bertindak menurut maksud baik Allah (Filipi 2:12-13). Sejak awal hingga akhir, keselamatan hanya terjadi karena kasih karunia Allah (lihat IMAN DAN KASIH KARUNIA), dan bukan karena hasil dari usaha manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar